IMG-20170203-WA0010

TAHUN BARU, MOBIL BARU

IMG-20170203-WA0010

TAHUN BARU, MOBIL BARU

Liburan akhir semester 1 telah usai, 03 Januari 2017 merupakan hari pertama masuk sekolah/kerja bagi para siswa, guru, dan karyawan SMA N 1 Klaten. Di hari itu pula, sebuah mobil Kijang Innova berwarna silver metalik telah terparkir di halaman depan gedung baru. Meski cuaca mendung dan sempat hujan gerimis, kegiatan penyerahan mobil bantuan untuk operasional sekolah tersebut tetap dilaksanakan dari pihak paguyuban wali murid siswa kelas X SMA N 1 Klaten yang diwakilkan oleh Bapak Sriyanto Joko Nugroho selaku ketua paguyuban kepada pihak sekolah yang diwakilkan oleh Bapak Kawit selaku kepala sekolah.

Penyerahan mobil tersebut dilakukan secara transparan dengan disaksikan langsung oleh para guru & staff karyawan SMA N 1 Klaten, beberapa perwakilan paguyuban, dan tak ketinggalan pula seluruh siswa SMA N 1 Klaten dari teras kelas masing-masing.

Mobil seharga Rp 300 juta tersebut merupakan salah satu aset sekolah dimana sumber dananya didapat dari Uang Dana Sarana Prasarana (SARPRA) sekolah dari wali murid siswa kelas X tahun 2016/2017. Tentu saja hasil pengumpulan uang SARPRA tersebut tak hanya dibelanjakan untuk mobil, namun juga sarana prasarana sekolah lain seperti CCTV, AC, Genzet, Kipas Angin, Sound System, dll. Pengelolaan dan pembelanjaan dana tersebut dilakukan oleh perwakilan paguyuban wali murid kelas X sendiri, pihak sekolah hanya tinggal menerima barangnya saja. Hal ini membuktikan  bahwa kemungkinan oknum pihak sekolah menyalahgunakan maupun mengambil bagian dari dana tersebut sangat kecil.

Mobil kijang inova tersebut dibeli secara langsung oleh perwakilan paguyuban orangtua siswa atas nama sekolah (SMA N 1 KLATEN) dan kemudian diakui sebagai aset sekolah, jadi untuk kepengurusan asuransi,pajak mobil, STNK, perawatan dan lain-lain, pihak paguyuban sudah lepas tangan dan dipasrahkan kepada pihak sekolah termasuk bila suatu saat terjadi kecelakaan,penyalahgunaan aset sekolah, dan hal yang tidak diinginkan lain.

Awalnya ada 2 pilihan yang diberikan yaitu seperangkat gamelan atau sebuah mobil Kijang Innova, setelah melalui proses pertimbangan matang diputuskanlah untuk membeli sebuah mobil. Hal ini dilakukan sesuai skala prioritas yang dibutuhkan sekarang oleh sekolah ialah armada transportasi yang jumlahnya masih kurang untuk kebutuhan sekolah, apalagi mengingat adanya keputusan pemerintah yang memindahkan kewenangan sekolah dari here dinas pendidikan kabupaten/kota menjadi kewenangan dinas pendidikan provinsi.

Diharapkan dengan adanya armada baru tersebut dapat memenuhi kebutuhan transportasi pihak sekolah (guru,karyawan,siswa) dan meningkatkan prestasi sekolah ,dengan kata lain mempermudah siswa untuk mengikuti kegiatan lomba,pelatihan,dll. di luar sekolah.

IMG-20170203-WA0007IMG-20170203-WA0008IMG-20170203-WA0009

Tinggalkan Balasan